Media
Sosial Sebagai Media Kreatif Dagang Online dan Media Promosi
oleh: Belia Atika Gasoeri

Seperti
yang kita ketahui bahwa media sosial sudah banyak berkembang. Seperti Facebook,
Twitter, Tumblr, Instagram, Blackberry Messanger dsb. Jangkauan media sosial
itu sendiri mencakup khalayak ramai tanpa mengenal batas usia. Melihat peluang
yang besar inilah, sebagian besar para pelaku usaha bisnis pun berlomba-lomba
untuk mempromosikan produk-produk maupun jasa mereka melalui media sosial. Biasanya
mereka mengiklankan (mempromosikan) produk maupun jasa mereka melalui tokoh
masyarakat (seperti artis, pengusaha terkenal maupun wakil rakyat) dan
akun-akun perorangan yang bisa dibilang terkenal serta memiliki pengikut yang
cukup banyak.
Dengan taktik ‘Testimonial’
dimana orang yang mengiklankan tersebut mencoba produk ataupun jasa, lalu
memperlihatkan hasil dari pemakaian produk dan jasa tersebut dan mereka
memberitahu keunggulan dari produk maupun jasa tersebut dengan kalimat persuasif (membujuk). Metode ini ampuh
untuk mempengaruhi masyarakat pengikut akun pengiklan tersebut agar
mencoba/membeli/memakai produk tersebut. Cara mengiklankan produk maupun jasa
dengan cara diatas biasa disebut dengan ‘Endorse’.
Dimana jasa mengiklankan tersebut dibayar dengan produk itu sendiri serta
beberapa nominal uang sesuai yang disepakati antar pengusaha dan orang yang
membantu mengiklankan produk tersebut.
Berikut
adalah contoh keuntungan memakai media sosial sebagai media promosi :
·
Cakupan pemirsa yang luas
·
Masyarakat yang mudah terpengaruh oleh
tren yang digunakan para tokoh masyarakat
·
Transaksi antar pengiklan dan pengusaha
lebih praktis
·
Dapat menarik banyak peminat untuk
membeli produk ataupun jasa yang diiklankan
Namun,
memakai media sosial sebagai media promosi juga memiliki kelemahan :
·
Maraknya penipuan produk dimana produk
yang sampai ke pembeli tidaklah orisinil
·
Hasil Testimoni kadang-kadang terkesan berlebihan dan tidak sesuai dengan
apa yang diekspetasikan
·
Terkadang, akun yang terlalu banyak endorse dicap sebagai spammers.
Lain endorse, lain pula OL-Shop (Online
Shop).
OL-Shop
adalah sistem belanja online dimana penjual / pengusaha itu menaruh foto dan
deskripsi benda lengkap yang dibagikan melalui website jual-beli maupun
akun-akun di sosial media. Melalui OL-Shop ini, calon pembeli dapat tahu bentuk
fisik benda dan deskripsi benda tersebut secara detail dan menyeluruh melalui
data-data yang disediakan oleh penjual. Lalu setelah itu pembeli akan diminta
mengisi formulir pemesanan mengenai produk apa yang akan dibeli dan berapa
jumlah total produk yang akan dibeli. Setelah itu pengusaha akan memberitahu
total jumlah pembayaran yang akan pembeli bayarkan melalui transfer uang
(Biasanya memakai jasa KANTOR POS dan Transfer melalui Bank).
Setelah bukti transfer pembayaran diterima dan sudah dipastikan
kebenarannya oleh penjual, penjual akan menanyakan alamat tujuan pengiriman
produk dan jasa tersebut lalu mengirimkan produk atau jasa melalui jasa
ekspedisi (Seperti TIKI maupun JNE dsb.) dan mengirimkan bukti resi pembayaran
jasa ekspedisi tersebut kepada pembeli. Dan IsyaAllah, barang yang pembeli
pesan akan sampai pada tujuan sesuai dengan waktu yang telah tertera pada bukti
resi pembayaran.
Keuntungan memakai OL-Shop :
·
Calon pembeli dapat mengetahui kondisi
fisik dan spesifikasi barang maupun jasa yang akan dibeli
·
Proses yang mudah, praktis dan cepat
·
Barang-barang maupun jasa yang
ditawarkan kadang sulit untuk ditemukan
·
Memakai layanan pengantar jasa yang
terpercaya
Contoh
kekurangan OL-Shop :
·
Pembeli terkadang bersifat Hit-and-Run, dimana pembeli hanya
akan iseng bertanya panjang lebar
mengenai produk tanpa ada niatan untuk membeli
·
Terkadang OL-Shop tempat kita membeli
barang tidak Trusted (Terpercaya)
·
Barang yang ditawarkan belum tentu
terjamin kualitasnya
·
Maraknya penipuan dimana ada OL-Shop
yang bersifat palsu dan digunakan untuk mencari keuntungan bagi para penipu.
Didalam
OL-Shop ada proses SHIPPING. Dimana barang tersebut akan dikirimkan
kepada konsumer baik melalui udara, laut maupun
darat. Bila penjual memakai jasa ekspedisi terpercaya, tentu konsumer akan
memilih membeli barang kepada sang penjual.
Dalam
hal ini, biasanya penjual OL-Shop sudah menentukan harga dari Ongkos Kirim
(Ongkir) ke dalam total harga pembelanjaan calon pembeli sesuai domisili.
Karena itu, dalam formulir pemesanan konsumer harus mengisi data alamat tujuan
yang jelas agar barang sampai ke alamat yang tepat.
Pada
proses SHIPPING ini, biasanya penjual OL-SHOP dari mancanegara akan dikenakan
biaya BEA CUKAI (BEA / pajak masuk) ke dalam negara kita. Hal ini menyebabkan
calon pembeli akan dikenakan biaya tambahan. Kisaran harga bervariasi
tergantung jenis barang dan negara asal barang tersebut dikirimkan.
OL-SHOP
Indonesia sendiri terkenal akan kualitas yang terjamin di mata dunia. Seperti
kaos Joger, makanan-minuman produk khas Indonesia, maupun hasil sumber daya
alam Indonesia itu sendiri (seperti hasil laut). Barang-barang tersebut juga
akan dikenakan biaya BEA CUKAI (dimana disini BEA / Pajak untuk Ekspor ;keluar)
ke luar negara kita.
Dengan
adanya proses Ekspor maupun Impor di Indonesia, membuat pendapatan perkapita
Indonesia bertambah. Untuk kedepannya, diharapkan OL-SHOP mampu dan dapat
membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
MEDIA SOSIAL SEBAGAI KREATIF E-LEARNING
By; Viska
Septriani Suriadi
Dalam kehidupan
ini kita harus memiliki modal yaitu ilmu. Ilmu ini kita dapatkan dengan kita
belajar dan berusaha. Belajar adalah suatu hal yang sangat penting kita lakukan
untuk mencapai tujuan hidup supaya memiliki arah yang akan ditempuh seterusnya.
Untuk mendapatkan pembelajaran yang maksimal hasilnya tentu kita juga harus
maksimal mengusahakannya. Banyak cara untuk memdapatkan pembelajaran yang
efektif contohnya dengan kita sekolah dan mungkin dari media lainnya seperti
yang akan kita bahas yaitu tentang “Media Sosial sebagai Kreatif Pembelajaran”.
Media sosial adalah salah satu cara yang
sangat efektif untuk mendapatkan pembelajaran yang kreatif. Dengan media sosial
kita bisa mengetahui ilmu dari berbagai macam sumber yang ada secara
cepat/instan baik sumber dalam negeri maupun luar negeri (Global). Untuk itu
manfaatkanlah media sosial ini dengan sebaik-baiknya supaya tidak merusak
pemikiran kita. Salah satu contoh dari media sosial dalam pembelajaran ialah
kita mencari informasi tentang perkembangan dan pertumbuhan manusia, sebagai
contoh; cukup di searching di web-browser google crome akan muncul search-engine
(google) dan mulailah mengetik pada kotak yang disediakan.
Setelah
itu akan muncul berbagai informasi dari berbagai sumber yang ada. Kemudian,
selain itu kita juga bisa bertukaran pendapat dengan sesama maupun dalam
organisasi yang ada. Dimana pun mereka berada anda akan mendapatkan informasi
yang lebih cepat. Adapun cara yang lebih baik dengan bertatapan langsung dengan
teman atau si pemberi informasi dengan cara “Video Call”. Video call ini adalah
salah satu jenis aplikasi yang disediakan oleh beberapa sosial media seperti
line, facebook, dan lain-lain. Jadi pada zaman sekarang ini sudah tidak ada
alasan lagi untuk miskin ilmu, karena dalam bentuk atau jenis apapun informasi
pembelajaran yang dibutuhkan bisa di dapat dari sosial media. Tetapi sebelumnya
untuk bisa terhubung (online) kita harus memiliki perlengkapan seperti smart-phone,
kuota/data internet, komputer/ laptop yang telah tersedia sebuah jaringan
seperti wi-fi atau lainnya. Dan yang lebih canggih lagi pada sosial media ini
kita bisa memperlihatkan hasil-hasil kreatif dari tangan kita sendiri, cukup
post foto karya kita yang telah di buat pada salah satu sosial media yang ada. Apalagi
saat sekarang ini sudah banyak sosial media yang menyediakan layanan untuk fasilitas
itu, bahkan event-event yang di sediakan reward-nya. Saat kita berkarya tidak
boleh kaku terhadap teknologi sebab merugilah bagi kita yang hanya tahu sosial
media digunakan hanya untuk chatting. Dan tidak tau lebih banyak yang terkandung
didalam sosial media yakni, “SUMBER ILMU YANG LUAR BIASA”.
Pendapat
para ahli atau ilmuan-ilmuan terkenal dari zaman dulu sampai zaman modern pun
sekarang bisa kita ketahui cuma melalui sosial media, yang mana kita tidak
perlu pergi ke negeri asalnya untuk mengetahui apa saja yang telah dilakukannya
atau pun biografi hidupnya. Pada sosial media kita juga bisa memberi apresiasi
terhadap pemikiran-pemikiran atau ide-ide yang luar biasa yang dikemukakan oleh
orang-orang yang luar biasa juga. Dalam hal ini beruntunglah kita dengan sosial
media kita bisa mengetahui perkembangan pemikiran dari manca negara. Dan yang
lebih beruntung lagi sekarang telah banyak akun-akun universitas yang beredar
di sosial media. Bagi remaja atau siswa-siswi SMA/sederajat bisa lebih cepat
mencari informasi-informasi tentang universitas-universitas yang diunggulkan
atau pun yang di idam-idamkan. Anda juga bisa tau program-program apa saja yang
telah mereka buat atau lakukan selama universitas itu berdiri. Anda juga bisa
mendaftarkan diri lewat online, yang saat sekarang ini sudah banyak universitas
yang menyediakan formulir yang bisa di isi secara online.
Dan
selain itu sosial media juga banyak menyediakan buku berbasis online dari
penerbit dan jenis apapun bisa kita dapatkan untuk menambah wawasan kita dalam
belajar menjadi orang yang sukses dunia maupun akhirat. Apalagi yang akan kita
lakukan untuk menjadi pribadi yang baik dan berakhlaktul kharimah kalau bukan
untuk memperkaya ilmu pengetahuan, mengumpulkan sebanyak-banyaknya sumber ilmu.
Dari ilmu pengetahuan alam, sosial sampai dengan ilmu keagamaan bisa kita
dapatkan dari media sosial.
Tapi
terkadang apa yang disediakan oleh sosial media ini harus kita saring atau
pertimbangkan terlebih dahulu karena tidak semua sumber dapat dipercaya, terkadang
ada yang berasal dari sumber yang ilegal yang akan membuat kita salah pemahaman.
Jadi, jangan mudah percaya dengan apa yang ditampilkan oleh sosial media. Kita
harus pandai memilah-milah apa yang patut diserap dan apa yang patut di buang,
jika tidak demikian maka kita juga yang akan dirugikan . Untuk mendapatkan
pembelajaran yang lebih maksimal lagi kita tidak boleh terpaku pada satu sumber
saja. Maka kreatiflah mengambil kesimpulan atau tindakan yang akan dirangkum
untuk kita pelajari, supaya tidak rancu (tidak bingung atau terlalu
ngambang) usahakan mencari informasi
pada akun yang sudah jelas dipercaya, memiliki banyak pengikut dan bukan akun sembarangan.
Kesimpulannya anda
adalah orang-orang yang akan menjadi pelurus bangsa, yang akan meluruskan
bangsa kita, yang akan mengangkat derajat dan martabat negara. Maka dari itu
belajarlah dengan sungguh-sungguh!!!
Good
luck !
Pyk.16112016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar